Catatanku PR Publicity bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom Pertemuan 1.
Definisi PR Publicity, Persamaan dan Perbedaan Public Relation dan Publisitas
Sandra Veronica/ 183124350050001/ Fakultas Ilmu Komunikasi / Universitas Mpu Tantular
Halo teman-teman pada kesempatan kali ini, kita akan bahas apa sih persamaan dan perbedaaan antara Public Relation dan Publisitas itu. Sebelumnya kita akan bahas secara singkat pengertian dari Public Relation dan Publisitas yuk..
Pengertian Public Relation dan Publisitas
Public Relation adalah sebagai jembatan antara perusahaan atau organisasi dengan publik untuk membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, kerjasama yang melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen mengetahui dan merespon opini publik, menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manahemen untuk melayani minat publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi tren.
Public Relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu.
Publisitas adalah penempatan berupa tulisan, foto, atau tayangan visual yang syarat nilai berita baik karena luar biasa, penting, atau mengandung unsur-unsur emosional, kemanusiaan dan humor secara gratis dan bertujuan untuk memusatkan perhatian terhadap suatu tempat, orang-orang atau suatu institusi yang biasanya dilakukan melalui penerbitan umum.
Publisitas merupakan media massa sebagai sarana penyebarluasan informasi.
Publikasi adalah kegiatan mengenalkan perusahaan sehingga publik dan masyarakat dapat mengenalnya.
Publikasi lebih luas dan publikasi adalah bagian dari aktivitas publisitas.
Fungsi Public Relation dan Publisitas
Fungsi Public Relation adalah antarlain :
- Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
- Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
- Unsur penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi memiliki warna, budaya citra, suasana yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
- Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa public relation lebih berorientasi kepada pihak perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik konsumen.
Fungsi Publisitas
Jika kita sudah membahas fungsi public relation, berikut adalah salah satu fungsi publisitas yaitu sebagai alat untuk menyebarkan informasi atau berita ke publik dan banyak orang dalam waktu yang singkat. Bentuk komunikasi dari publisitas adalah tak berbayar dan informasinya bersifat positif, netral ataupun negatif.
Contohnya jika dalam dunia politik, publisitas digunakan sebagai upaya mempopulerkan diri kandidat atau institusi partai yang akan "bertarung" dalam pemilu. Pemberitaannya biasanya melalui media massa
Persamaan Public Relation dan Publisitas
Persamaan dari public relation dan publisitas adalah sama-sama menginformasikan suatu berita atau informasi mengenai suatu hal (produk, perusahaan, dan lain sebagainya)
Perbedaan Public Relation dan Publisitas
Berikut merupakan perbedaan antara public relation dan publisitas.
- Public Relation adalah program yang tidak dibatasi dalam satu periode waktu. Publisitas biasanya strategi jangka pendek.
- Public relation dirancang untuk memberikan informasi positif tentnag perusahaan dan biasanya dikendalikan oleh perusahaan. Publisitas disisi lain tidak selalu positif dan tidak selalu diingkan oleh perusahaan.
- Public relation menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk membangun citra sedangkan publisitas hanya berbentuk berita.
- Aktivitas public relation menggunakan berbagai media komunikasi. Publisitas ditransmisikan lewat media massa.
Public Relation | Publisitas |
Pengertian | |
Mengelola citra perusahaan dimata publik | Menyajikan informasi atau berita kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran |
Kontrol | |
Dibawah kendali perusahaan | Tidak dibawah kendali perusahaan |
Sifat | |
Positif | Positif atau negatif |
Bentuk Komunikasi | |
Berbayar (dalam anggaran kampanye PR) | Tidak berbayar |
Tujuan | |
Perhatian dan menciptakan hubungan dengan publik | Kesadaran masyarakat |
Kesimpulan
No comments:
Post a Comment